Rabu, 22 Februari 2023

Pembelajaran jarak jauh

 

Pembelajaran Jarak Jauh

Nama  : Sri Dwi Budyarti

Kelas   : Bimbingan Konseling

MK     : Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

 

1.   Bagaimana cara supaya peserta didik memiliki akses ke sumber belajar pada praktik pembelajaran jarak jauh?

Jawaban:

Faktor penentu keberhasilan pembelajaran jarak jauh ada tiga yaitu pengajar, pembelajar, dan teknologi (ZAM, 2021). Ada bermacam-macam sumber pembelajaran jarak jauh yang digunakan untuk mendukung pembelajaran peserta didik: audio, video, dan sumber berbasis teks. Ketiga jenis sumber belajar tersebut dapat digunakan secara bersamaan, ketika semua peserta berada bersama-sama pada waktu yang sama, dan asynchronous, ketika para peserta tidak mengerjakan kegiatan pada waktu yang sama.

Cara peserta didik memiliki akses kesumber belajar pada pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

  • Komunikasi teks antar individu melalui surat elektronik (email) atau SMS seluler      dapat diintegrasikan ke dalam pelajaran dan digunakan oleh peserta didik untuk        mengumpulkan informasi dan mengajukan pertanyaan kepada individu lain atau guru 
  • WebQuest adalah aktivitas simulasi berorientasi inkuiri yang dirancang dengan mempertimbangkan hasil belajar tertentu, di mana beberapa atau semua informasi yang berinteraksi dengan peserta didik berasal dari sumber daya di internet. WebQuests dapat diterapkan ke banyak jenis pelajaran dan sumber informasi.

         1. Memantau peristiwa terkini untuk studi sosial

        2. Kegiatan sains, seperti melacak cuaca dan mempelajari wahana antariksa ke planet              yang lain planet

         3. Database informasi untuk tugas menulis ekspositori

         4. Teka-teki matematika, yang membutuhkan pemikiran logis

         5. Kelompok diskusi dengan pertukaran informasi online

        6. Layanan resume untuk praktik dalam aktivitas pencarian kerja

     ·       Menghubungkan dengan konferensi computer. Guru dapat membangun hubungan                dengan peserta didik untuk belajar dengan guru atau untuk terlibat dalam aktivitas                 kolaboratif dengan peserta didik lain dalam berbagai pembelajaran.

    ·     Terhubung dengan orang tua. Komunikasi dengan orang tua dapat ditingkatkan jika             mereka memiliki akses Internet. Bagi orang tua yang tidak memiliki akses Internet, Guru     perlu menggunakan korespondensi tertulis atau menggunakan telepon.

    ·       Terhubung dengan guru lain. Guru juga dapat menggunakan email untuk berbagi ide            dengan guru lain di area konten Guru atau yang mengajar di tingkat kelas yang sama.           Cara lain untuk berbagi ide adalah dengan sebuah blog

    ·      Terhubung dengan komunitas

    ·       Koneksi kursus

 

2.   Apa saja dukungan teknologi untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh? 

     Jawaban:

v Teknologi Berbasis Audio, seperti radio, Telepon, tape recorder.

v Teknologi Berbasis Video, seperti DVD, VCD dan podcast

v Teknologi Berbasis Teks, Seperti blog, email, dan sms  

3.   Bagaimana pendekatan dan strategi yang terbaik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh?

  v Penyajian Informasi. Berikut contoh penyajian informasi:

  a. Presentasi dan demonstrasi guru, seperti video yang disiapkan tentang cara menyelesaikan tugas tertentu yang dapat dilihat sendiri oleh peserta didik.

  b. Presentasi peserta didik atau kerja kelompok kecil, yang mungkin berupa sekelompok kecil peserta didik yang melaporkan solusi untuk studi kasus yang mereka selidiki.

   c. Sumber belajar di kelas (misalnya, handout, korespondensi, bahan belajar), seperti satu set artikel yang telah disimpan pada e-reserve perpustakaan sekolah.

    d.    Suara langsung atau rekaman, musik, dan suara lainnya.

    e.    Gambar gerak (animasi) yang disajikan dalam bentuk video untuk peserta didik dalam pelajaran tentang peristiwa sejarah.

v Berlatih dengan umpan balik, Guru mendorong aktivitas dengan berbagai cara, seperti berikut ini :

a.    Kegiatan tanya jawab (dilakukan selama atau setelah pelajaran).

b.    Kegiatan diskusi (selama kelas atau sebagai pekerjaan rumah).

c.  Pengujian. Tes dapat membantu peserta didik mengenali area di mana mereka perlu mempelajari topik lebih banyak. Atau, tes dapat membantu Guru menilai tingkat pemahaman peserta didik tentang topik tersebut.

d.    Kegiatan kelompok terstruktur (misalnya, bermain peran atau permainan).

v Akses ke Sumber Belajar. Sumber belajar eksternal antara lain sebagai berikut:

1.    Bahan teks (misalnya, buku teks, bacaan tambahan, lembar kerja).

2.    Materi audio visual (misalnya, DVD, podcast, sumber online)

3.    Sumber belajar online (misalnya, untuk pencarian online).

4.    Bahan pustaka (misalnya, dokumen sumber asli).

 

4.   Apa saja keuntungan dan keterbatasan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh?

v Beberapa Keuntungan pembelajaran jarak jauh adalah sebagai berikut:

a.   Berbagai media.

b.   Informasi terkini.

c.   Pertukaran ide. 

d.   Komunikasi yang nyaman. 

e.   Interaktif. 

v Beberapa keterbatasan pembelajaran jarak  jauh adalah sebagai berikut:

a.   Materi yang tidak sesuai.

b.   Hak Cipta.

c.   Mencari informasi.

d.   Dukungan.

e.   Kurangnya kontrol kualitas. 

f.    Biaya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Infografis pembelajaran jarak jauh